Forum Lingkungan Hidup Apresiasi Taman Kehati

oleh -
Ketua FKPPLH Kabupaten Sukabumi, Irvan Azis (kiri) ketika menyerahkan penghargaan kepada pengelola Taman Kehati Mekarsari.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

FKPPLH (Forum Komunikasi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Kabupaten Sukabumi mengapresiasi keberadaan dan cara pengelolaan Taman Kehati (Keanekaragaman Hayati) Mekarsari di Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu.

banner 970x90

Menurut Ketua FKPPLH Kabupaten Sukabumi, Irvan Azis, Taman Kehati dapat dijadikan ikon dan kebanggaan masyarakat Sukabumi sebagai upaya menjaga dan melestarikan aneka jenis tumbuhan.

“Ke depan hendaknya Taman Kehati bisa dinikmati masyarakat luas agar mereka dapat memetik pelajaran dari kehadiran taman ini,” kata Irvan kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Irvan dan rekan-rekannya di FKPPLH Kabupaten Sukabumi mengadakan kunjungan ke Taman Kehati milik PT Aqua itu pada Kamis (17/9/2020) kemarin. Taman yang memiliki luas 10,12 hektare ini berfungsi sebagai kawasan konservasi alam dan perlindungan keanekaragaman hayati.

PT Aqua mempersembahkan Taman Kehati sebagai bentuk aksi nyata dalam menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati. Taman Kehati merupakan bagian dari upaya menghadapi perubahan iklim.

Kunjungan tersebut baru pertama dilakukan oleh FKPPLH Kabupaten Sukabumi. Irvan mengusulkan, Taman Kehati hendaknya terbuka untuk publik dengan menyediakan akses khusus bagi masyarakat.

“Tujuannya agar masyarakat dapat mengatahui keberadaan Taman Kehati. Selain itu taman ini dapat diketahui warga di Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat bahwa di Cidahu ada Taman Kehati yang dikelola oleh perusahaan swasta,” tutur dia.

Irvan sepakat dengan catatan dan usulan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi terkait Taman Kehati yaitu perlu dilengkapi dengan papan nama dari tanaman yang ada di dalamnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email