Dibiayai Banprov, Pemdes Cibodas Tuntaskan Rehab Kantor Desa

oleh -
Bangunan Kantor Desa Cibodas, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi yang baru saja selesai direhab tampak lebih megah dan kokoh.

Wartawan Dicky Sopyan

Pemerintah Desa (Pemdes) Cibodas, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi sukses merampungkan proyek rehabilitasi kantor desa yang dibiayai dana bantuan dari Pemprov Jabar (banprov) tahun anggaran 2020. Dana yang diserap untuk menyelesaikan kegiatan tersebut mencapai Rp95 juta.  

banner 970x90

“Rehab kantor ini sangat penting untuk mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” kata Kepala Desa Cibodas Hikmat Ginanjar ketika ditemui di tempat kerjanya, Kamis (17/9/2020).

Pembangunan kantor desa, ujar dia, telah masuk program yang diprioritakan. Karena kondisi kantor desa sudah tidak layak sebagai tempat pelayanan yang layak dan nyaman. Warga yang datang ke desa harus dilayani di tempat yang kondisinya tidak representatif sebagai tempat pelayanan publik.

“Asalnya ruangan kurang tertata, banyak bagian bangunan yang rusak dan keropos. Kesannya kumuh dan compang-camping. Akhirnya kami luncurkan proyek rehabilitasi kantor desa,” ujar Hikmat.

Setelah proyek rehab selesai, keadaan kantor desa menjadi sangat layak sebagai tempat pelayanan masyarakat. Lingkungannya nyaman dan bangunannya tampak megah dan kokoh.

“Rehab kantor ini merupakan bagian dari upaya dan program peningkatan pelayanan. Karena bagaimanapun pelayanan yang maksimal dapat terwujud kalau ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai,” tutur dia. 

Kepala Desa Cibodas, Hikmat Ginanjar.  

Kades Hikmat mengharapkan, keberadaan bangunan kantor desa yang kokoh dan nyaman dapat berdampak pada peningkatan kualitas kinerja aparatur desa. Perangkat desa dapat lebih bersemangat lagi dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami akan terus mendorong perangkat desa agar dapat menyelenggarakan pelayanan yang maksimal dan memuaskan masyarakat. Jika masyarakat puas, nanti juga akan ada apresiasi dari pemerintah. Kinerja yang baik akan mendapatkan apresiasi positif,” imbuhnya.

Hikmat juga mengusulkan peningkatan besaran banprov yang disalurkan ke desa-desa. Dana tersebut sangat membantu desa dalam meningkatkan infrastruktur dan sarana pelayanan pada masyarakat.

”Jika mengandalkan anggaran dari Dana Desa, kami tidak dapat membangun semua infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Hikmat. (*)

Print Friendly, PDF & Email