Bupati Mengapresiasi Kehadiran UPZ IPHI

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan apresiasi atas kehadiran UPZ yang dikelola IPHI Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengapresiasi kehadiran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di lingkungan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Sukabumi. Bupati berkeyakinan, UPZ IPHI dapat menjawab permasalahan keumatan terkait pengelolaan zakat, infak, sedekah (ZIS).

Selain itu, melalui UPZ IPHI, para haji di seluruh Kabupaten Sukabumi dapat mengoptimalkan pengumpulan ZIS, baik dari anggota IPHI maupun para muzaki atau kaum aghniya lainnya.

Apresiasi bupati itu disampaikan pada pembukaan silaturahmi dan pembahasan optimalisasi pengelolaan ZIS yang diselenggarakan IPHI Kabupaten Sukabumi di Gedung Dakwah dan Islamic Center (GDIC) Cisaat, Kamis (17/9/2020).

Pada kegiatan itu, panitia juga mempublikasikan dan mensosialisasikan keberadaan  UPZ yang dikelola oleh IPHI Kabupaten Sukabumi. Acara silaturahmi itu mengusung tema “melalui silaturahmi kita optimalkan pengumpulan ZIS lewat UPZ IPHI Kabupaten Sukabumi”. 

“Kami mengapresiasi keberadaan UPZ IPHI Kabupaten Sukabumi. Mudah-mudahan kehadiran lembaga ini dapat mendorong capaian target capaian Baznas Kabupaten Sukabumi,” kata bupati.

Pembentukan UPZ , ujar bupati, merupakan program prioritas di Kabupaten Sukabumi dalam rangka penguatan organisasi dan kinerja Baznas Kabupaten Sukabumi. Hal ini penting untuk menjawab persoalan keumatan. 

“Saya memanjatkan syukur atas terbentuknya UPZ IPHI. Organisasi ini bisa mengoptimalkan pengelolaan ZIS yang dikumpulkan dari anggota,” tutur bupati.

UPZ IPHI, lanjut dia, juga bisa berperan untuk mendorong dan memperkuat posisi Baznas Kabupaten Sukabumi dalam menggerakkan masyarakat agar lebih bersemangat menunaikan ZIS. Selama ini Baznas Kabupaten Sukabumi belum bisa sepenuhnya mengumpulkan ZIS dari masyarakat, pengumpulan yang optimal baru dari kalangan pegawai Pemkab Sukabumi.

Sementara itu Ketua PD IPHI Kabupaten Sukabumi, H. Deden Saepudin menjelaskan, UPZ IPHI akan berupaya keras untuk mengoptimalkan pengelolaan ZIS dan mendukung kinerja Baznas.  

“Kami sudah mempunyai SK dari Baznas  untuk mengumpulkan zakat, infak, sedekah melakui UPZ IPHI Kabupaten Sukabumi,” kata Deden.

Tujuan pembentukan UPZ tersebut, ujar dia, selain untuk mempererat silaturahmi anggota IPHI juga dapat memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan ekonomi umat. Anggota IPHI dapat menyalurkan ZIS kepada UPZ untuk mendukung upaya meningkatkan kesejahteraan umat.  

“Semoga peran serta UPZ IPHI betul-betul optimal dalam pengumpulan ZIS di Kabupaten Sukabumi,” harapnya.

Pada acara itu, bupati menyalurkan zakat pribadi melalui UPZ IPHI Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email