Cisolok Punya Destinasi Wisata Baru Bernama Bukit Cienong

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menjajal salah satu wahana Bukit Cienong di Kampung Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok.

Wartawan M. Ridwan

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi terus berbenah dan menambah infrastruktur. Sebagai bagian dari kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Cisolok memiliki fokus pada pembangunan dan pengembangan pariwisata. Kini, kecamatan yang wilayahnya berbatasan dengan Provinsi Banten itu memiliki tempat wisata baru bernama Bukit Cienong.

Destinasi wisata Bukit Cienong yang terletak di Kampung Cibangban RT 002 RW 001 Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok diresmikan oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Rabu (16/9/2020). Kehadiran objek wisata ini digagas oleh Bumdes Karya Mandiri dan Bumdes Patriot Desa.

Sebelum meresmikan Bukit Cienong, Bupati Sukabumi meresmikan penggunaan Tribun Lapangan Bola Cibangban yang letaknya tidak terlalu berjauhan. Peresmian tribun ditandai dengan pengguntingan pita dan tendangan bola ke arah gawang oleh Marwan.

Ketika meresmikan Bukit Cienong, bupati menyampaikan harapan, kehadiran destinasi wisata tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang tinggal di Kampung Cibangban. Masyarakat bisa mengembangkan UMKM di sekitar kawasan Bukit Cienong yang lokasinya ditata sedemikian rupa sehingga menunjang keindahan di sekitarnya.

“Bukit Cienong ini dapat menjadi destinasi wisata alternatif andalan di Kabupaten Sukabumi,” kata bupati. 

Sebisa mungkin, lanjut dia, Bukit Cibangban dapat menjangkau semua kategori wisatawan, baik lokal, domestik, maupun asal mancanegara. Pengelola harus terus mengembangkan kreativitas dan inovasinya untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Bukit Cienong.

“Pengelola juga mesti merawat lingkungan bukit ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung,” tuturnya. 

Sebelumnya Kepala Desa Pasirbaru, Hidayah menyampaikan, desa yang dipimpinnya telah memiliki destinasi wisata pesisir yaitu Pantai Cibangban, Pantai Cikembar, dan Pantai kokoncong. Sekarang lahir tempat destinasi wisata baru, Bukit Cienong. Hidayah mengharapkan keempat destinasi wisata itu dapat berkembang dan menarik wisatawan sebanyak-banyaknya.

Di tempat yang sama Camat Cisolok Kurnia Lesmana menjelaskan, pembangunan spot wisata Bukit Cienong dibangun tahun 2019 dengan dana dari Program P3K (Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan) yang dilaksanakan oleh kelompok mayarakat (pokmas).

“Pengelolaannya sudah diserahterimakan kepada pokmas melalui pemerintah desa. Selanjutnya sekarang dikelola oleh Bumdes Karya Mandiri,” jelas Kurnia. 

Bupati sempat menjajal wahana sepeda gantung di Bukit Cienong. Di akhir kegiatan, bupati menerima cinderamata dari Kepala Desa Pasirbaru. Bupati juga menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email