Muspika Cidolog Lancarkan Operasi dan Edukasi Penggunaan Masker

oleh -
Kapolsek Sagaranten, Iptu Aap Saripudin, S.H. bersama Danramil 2211/Sagaranten Kapten Inf Enjang memberikan pembinaan kepada warga yang bepergian ke area publik tanpa mengenakan masker.

Wartawan M. Hamjah

Tim gabungan dari berbagai unsur aparat di Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi menggelar operasi dan edukasi pengguaan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan di Jalan Cidolog, Rabu (16/9/2020).

Pada operasi itu, tim gabungan didukung oleh personel dari Mapolsek Sagaranten, Koramil 2211/Sagaranten, Satpol PP Kecamatan Cidolog, petugas medis dari Puskesmas Cidolog, serta tokoh pemuda dari KNPI dan OKP. Wilayah tugas Polsek dan Koramil Sagaranten juga meliputi wilayah Kecamatan Cidolog.

Jumlah petugas yang diterjunkan ke lokasi operasi dan edukasi sebanyak 45 orang. Mereka menghentikan kendaraan bermotor, baik mobil atau sepeda motor yang pengemudi atau penumpangnya tidak memakai masker.  

Kepada para pelanggar aturan protokol kesehatan, tim gabungan memberikan pengarahan tentang kewajiban mengenakan masker di tempat publik dan keramaian. Petugas juga memberlakukan sanksi sosial berupa teguran dan push up bagi pelanggar yang masih muda dan kuat. Setelah memberikan wejangan protokol kesehatan, tim gabungan memberikan masker kepada para pelanggar.

Di tempat operasi tampak bersiaga Kapolsek Sagaranten, Iptu Aap Saripudin, S.H. dan Danramil 2211/Sagaranten Kapten Inf Enjang. Kepada wartawan Iptu Aap mengatakan, operasi yang digelar bersama berbagai unsur aparat tersebut dalam rangka pengawasan pendisiplinan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 

“Kami masih menemukan adanya warga ataupun pengendara sepeda motor serta mobil yang tidak menggunakan masker. Kepada mereka yang tidak menggunakan masker kami berikan sanksi sosial dan pembinaan,” kata Kapolsek. 

Iptu Aap mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.  Tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, kata dia, merupakan faktor penting dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Untuk mencegah Covid-19, ingat selalu untuk menerapkan protokol kesehatan berdasarkan prinsip 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir,” jelas dia.

Di tempat yang sama Danramil Sagaranten, Kapten Inf  Enjang menyatakan, jajarannya akan terus menlancarkan operasi bersama Polri dan unsur pemda dan masyarakat sampai kedisiplinan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan benar-benar terbentuk secara menyeluruh. (*)

Print Friendly, PDF & Email