Ratusan Warga Desa Bojonglongok Terima BST Kabupaten Tahap II

oleh -
Kepala Desa Bojonglongok, Didim Syaripudin (kiri) secara simbolis menyerahkan BST kabupaten tahap II kepada salah seorang penerima bantuan.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Sebanyak 408 keluarga penerima manfaat (KPM) warga Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi menerima bantuan sosial tunai (BST) dari Pemkab Sukabumi tahap II.

banner 970x90

Mereka menerima BST itu di aula Balai Desa Bojonglongok, Senin (14/9/2020). Para penerima BST berasal dari berbagai kampung dan kedusunan yang ada di desa tersebut.

Kepala Desa Bojonglongok, Didim Syaripudin di tengah kesibukan pemantauan pembagian BST kabupaten menjelaskan, bantuan yang diterima tiap KPM besarnya mencapai Rp600 ribu dalam bentuk uang tunai. Semua penerima bantuan merupakan warga yang terdampak oleh wabah Covid-19.

“Tujuan pemberian bantuan ini untuk meringankan beban kehidupan warga terdampak wabah,” ujar Didim.

Dana BST, lanjut dia, bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2020. Pembagian BST dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. Penyerahannya langsung kepada KPM oleh petugas dari desa. 

Penyaluran BST kabupaten itu mendapat pengawasan dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dengan dukungan personel dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta  monitoring langsung oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bojonglongok.

“Alhamdulillah, pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan lancar dan kondusif sesuai dengan harapan bersama. Kami tetap bisa mengikuti aturan protokol Covid-19,” jelas Kades Didim 

Dengan tertib para penerima BST kabupaten antre di ruang lobi Balai Desa Bojonglongok menunggu giliran dipanggil oleh petugas dalam para perangkat desa.

Adanya berbagai bansos baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah serta desa, ujar Didim, diharapkan dapat membantu dan meringankan beban masyarakat. Selama masa pandemi Covid-19 banyak warga yang kehilangan mata pencaharian. 

Kades mengharapkan bantuan yang diberikan kepada para KPM bisa memberikan manfaat. Penerima dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Semoga bantuan ini bisa menunjang ekonomi keluarga dan mempermudah mereka dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Yang penting panerima bantuan dapat mempergunakan bantuan ini dengan bijaksana agar membawa keberkahan,” ujar Didim. (*)

Warga yang terdaftar sebagai KPM untuk BST kabupaten tahap II di Desa Bojonglongok menunggu giliran dipanggil dengan tertib.

Print Friendly, PDF & Email