PKBM LPMD Gelar Pelatihan PKH Perempuan

oleh -
Pembukaan pelatihan PKH Perempuan di PKBM LPMD, dari kiri ke kanan Endin (Ketua RW 02), Endin, S.Pd. (Kepala PKBM LPMD), H. Baban, S.Pd. (Ketua Yayasan LSM At-Taawun), Didin Jamaludin (Kades Cijalingan), dan Endang (moderator).

Wartawan Usep Mulyana

PKBM LPMD (Langkah Prima Masa Depan) menggelar pelatihan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) dengan fokus pada keterampilan pembuatan sandal karakter.

banner 970x90

Pelatihan PKH-P tersebut diresmikan di Kampus PKBM LPMD di Jalan Cisande, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Ahad (13/9/2020). Kegiatan pelatihan itu didukung oleh dana dari APBN 2020.

Pada acara peremian pelatihan PKH-P tampak hadir Kepala Desa Cijalingan, Didin Jamaludin; Ketua Yayasan LSM At-Taawun, H. Baban, S.Pd.; Kepala PKBM LPMD, Ustadz Endin, S.Pd.; dan Ketua RW 02 Desa Cijalingan, Endin.      

Dalam sambutannya Kades Didin menekankan, para peserta pelatihan PKH-P nantinya harus mengamalkan pengetahuan dan keterampilan yang didapatnya. Diharapkan kades, para peserta dapat mengembangkan usaha atau bekerja dengan bekal keterampilan dari pelatihan.

“Para peserta harus mampu mendirikan atau mengelola usaha sendiri untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Bisa juga bekerja pada pabrik milik investor,” kata Didin.

Upaya pemerintah untuk mendorong tumbuhnya jiwa wiraswasta terus digencarkan, lanjut dia. Pemdes Cijalingan juga selalu mengalokasikan Dana Desa untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan ekonomi kreatif.

Di tempat yang sama Kepala PKBM LPMD, Ustadz Endin menjelaskan, kegiatan pelatihan produksi sandal karakter berlangsung selama 14 hari. Saat ini di sekitar Kecamatan Cicantayan banyak berdiri pabrik-pabrik yang memproduksi sandal karakter.

“Para peserta pelatihan ini bisa membuka usaha sendiri atau bekerja di pabrik milik orang lain. Biasanya pekerjaan bisa dibawa ke rumah sehingga para pekerja tidak perlu meninggalkan keluarga,” jelas Endin.

Sandal karakter merupakan model alas kaki yang diberi gambar atau tulisan sesuai keinginan pemesan. Cara penjualannya sebagian besar melalui aplikasi online. Di kebanyakan pabrik, upah kerja dihitung berdasarkan sistem borongan.

Ketua Yayasan LSM At-Taawun yang menaungi PKBM LPMD, H. Baban mengatakan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kaum perempuan, khususnya dalam pembuatan sandal karakter. Melalui pelatihan PKH-P, PKBM LPMD menyalurkan bantuan dari pemerintah kepada masyarakat.

“Programnya disinkronkan dengan usaha yang berkembang di daerah ini. Salah satunya usaha pembuatan dan pemasaran sandal karakter,” ujar Baban. (*)

Pembukaan pelatihan PKH Peremupaun, dari kiri ke kanan Yeti Tresnawati (Pengelola Pendidikan), Ustadz Endin, S.Pd. (Kepala PKBM LPMD), Hamdani, S.Pd., M.Si. (Kepala  Seksi Kesetaraan dan Keaksaraan Bidang PAUD dan Dikmas Dinas ), Dian Yulianto (Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan Wilayah II), Jamaludin Sayuti (Pengelola Pendidikan Kesetaraan), dan Neng Andriani (Pengadministrasian Kursus dan Pelatihan).

Berita terkait: Peserta Pelatihan PKH-P Berdatangan di PKBM LPMD Cijalingan

Print Friendly, PDF & Email