PKBM Insan Cerdas Padukan Pendidikan Kesetaraan dan Tahfidz Al-Quran

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meresmikan PKBM Insan Cerdas di Jalan Goalpara, Desa Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja.

Wartawan Aep Saepudin  

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Insan Cerdas siap menyelenggarakan sistem pendidikan tahfidz Al-Quran dan  pendidikan kesetaraan. Dalam mewujudkan visi dan misinya, PKBM ini  dilengkapi dengan ruang belajar, pondok putra dan putri, serta tempat beribadah yang memadai. 

banner 970x90

“Alhamdulillah PKBM Insan Cerdas sudah mendapat izin operasional sehingga kami bisa melaksanaan kegiatan belajar mengajar,” kata Pembina Yayasan Syajaroh Toyyibah Hj. Hestyana dalam sambutan pada peresmian PKBM Insan Cerdas oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan peresmian itu digelar di PKBM Insan Cerdas di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Yayasan Syajaroh Toyyibah sebagai pengelola PKBM Insan Cerdas, ujar Hestyana, menyediakan berbagai prasarana dan sarana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik.

Lembaga pendidikan yang dikelolanya tersebut lahir dari kebutuhan para santri di Rumah Tahfidz Al-Quran yang dibinanya dalam hal pendidikan kesetaraan setingkat SMP dan SMA.

“Lembaga pendidikan yang kami kelola terbuka bagi masyarakat yang ingin menyetarakan pendidikan. Kami harapkan kehadiran PKBM Insan Cerdas dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi,” tutur Hestyana.

PKBM Insan Cerdas memiliki sekitar 32 pelajar yang merupakan santri dari Rumah Tahfidz Al-Quran.

Kehadiran PKBM Insan Cerdas tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Sukabumi. Apresiasi itu disampaikan Marwan ketika menyampaikan pidato peresmian PKBM Insan Cerdas. Menurut bupati, keberadaan PKBM Insan Cerdas dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan capaian angka partisipasi pendidikan masyarakat.

“Kegiatan di PKBM ini sama dengan sekolah formal. Jadi PKBM Insan Cerdas dapat menjawab persoalan pendidikan di masyarakat,” ujar Marwan.

Apalagi, kata dia, PKBM Insan Cerdas ini mensinkronkan penyelenggaraan pendidikan dengan Rumah Tahfidz Al-Quran. Jadi para santri Rumah Tahfidz Al-Quran dapat memiliki ijazah pendidikan kesetaraan. 

Bupati juga mendorong diselenggarakannya pendidikan tambahan untuk meningkatkan life skill sehingga para peserta didik memiliki kemampuan lebih. Dengan demikian, anak-anak dapat mengembangkan potensi dan ide untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin mengatakan, PKBM Insan Cerdas bisa menambah layanan akses pendidikan bagi masyarakat.  Apalagi PKBM merupakan satuan pendidikan yang sama dengan dan setara dengan pendidikan formal.

“PKBM bisa menerima siswa usia pendidikan formal. Lulusannya setara dengan lulusan lembaga pendidikan formal,” ujar Solihin.

Setelah diresmikan, kata dia, PKBM Insan Cerdas sah menjadi satuan pendidikan di bawah pembinaan Disdik Kabupaten Sukabumi. PKBM ini pun bisa mengelola PAUD, program kesetaraan, atau pendidikan life skill.

Di akhir acara, sebelum meninjau ruangan PKBM Insan Cerdas, bupati menggelar dialog dengan masyarakat yang tinggal di PKBM Insan Cerdas. (*)

Print Friendly, PDF & Email