22 Pasien Covid-19 Sembuh, Kota Sukabumi Makin Menuju Hijau

oleh -
Infografis perkembangan Covid-19 di Kota Sukabumi sampai dengan Ahad, 13 September 2020.

Wartawan Jek Zakaria

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Sukabumi menorehkan rekor terbaru dalam penanggulangan wabah Virus Corona. Rekor ini tercapai atas kesembuhan pasien Covid-19 sebanyak 22 orang berdasarkan swab test dan para pasien tersebut diperbolehkan meninggalkan rumah sakit.

banner 970x90

“Betul, sebanyak 22 pasien Covid-19 sembuh. Pasien sembuh tersebut sebenarnya sudah menjalani isolasi mandiri sejak tanggal 31 Agustus 2020 lalu,” kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana kepada wartawan ketika merilis data perkembangan terbaru Covid-19, Ahad (13/9/2020). 

Informasi terbaru perkembangan Covid-19 tersebut tentu saja melegakan semua kalangan. Sebelumnya, di sebuah institusi pendidikan keagamaan di wilayah Kecamatan Gunungpuyuh berjangkit Covid-19 dengan jumlah pasien terkonfirmasi positifnya mencapai 21 orang pada Sabtu (12/9/2020).

Dalam hitungan satu hari, semua pasien dari institusi pendidikan tersebut dinyatakan sembuh. Tentu bukan secara tiba-tiba, para pasien itu telah melewati proses isolasi yang cukup lama dan dinyatakan sembuh hari ini.

“Ya, semua pasien dari kluster pendidikan di wilayah Kecamatan Gunungpuyuh tersebut dinyatakan sembuh,” ujar Wahyu.

Dengan demikian, ketegangan yang menimpa masyarakat kemarin langsung terobati dengan perkembangan yang terjadi hari ini. Skornya 21 terpapar, 22 sembuh. Satu pasien sembuh berasal dari luar kluster institusi pendidikan. Kota Sukabumi makin melaju kencang menuju status zona hijau.  

“Namun hari ini ada kasus satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dia berasal dari Kelurahan Cikondang Kecamatan Citamiang dan berjenis kelamin laki-laki,” kata dia.

Berdasarkan data terkini, jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif mencapai 170 kasus atau bertambah satu orang dibandingkan kemarin yang mencapai 169 pasien. Data kemarin menunjukkan, 42 pasien masih menjalani isolasi. Ditambah satu kasus baru dan dikurangi 22 pasien yang sembuh, jumlah pasien yang masih menjalani perawatan menjadi 21 orang.

“Jumlah seluruh pasien yang sembuh bertambah 22 dari 127 menjadi 149 orang,” jelas Wahyu. (*)

Print Friendly, PDF & Email