Banprov Wujudkan Impian Warga Desa Kompa

oleh -
Kegiatan rehab bangunan balai desa di Desa Kompa dilaksanakan secara swakelola yang dibiayai oleh dana bantuan provinsi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Kehadiran bantuan keuangan dari Pemprov Jabar atau biasa disebut banprov dapat mewujudkan berbagai harapan dan impian warga Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Dengan dana tersebut, Pemerintah Desa Kompa bisa membangun infrastruktur yang sangat dibutuhkan warga.

banner 970x90

Tahun ini, dana dari banprov dipergunakan untuk merhabilitasi bangunan balai desa. Masyarakat Desa Kompa sudah lama merindukan hadirnya bangunan kantor desa yang kokoh dan representatif. Harapan dan impian tersebut dapat diwujudkan dengan adanya banprov.

“Tujuan rehab kantor desa ini adalah untuk meningkatkan rasa nyaman bagi kepada perangkat desa yang akan memberikan pelayanan maupun kepada masyarakat yang datang untuk menerima pelayanan,” kata Kepala Desa Kompa, Yulianti kepada awak media, Sabtu (12/9/2020) pagi.

Besarnya dana banprov yang diterima Desa Kompa tahun anggaran 2020 mencapai Rp98,2 juta. Kegiatan rehab balai desa dilaksanakan secara swakelola oleh warga setempat.

“Rehabilitasi bangunan desa ini merupakan bagian dari upaya untuk membenahi prasarana desa guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Yulianti.

Kepala Desa Kompa, Yulianti.

Kegiatan rehab balai desa tersebut sudah lama direncanakan dan tercantum pada rencana pembangunan jangka menengah di Desa Kompa. Karena itu Kades Kompa bersama unsur perangkat desa dan lembaga desa lainnya sepakat menggunakan dana banprov 2020 untuk merehab bangunan balai desa.

“Kondisi bangunan balai desa sudah banyak yang keropos dan rusak, sudah tidak layak pakai. Kalau tidak direhab, bangunan kantor desa tidak enak dipandang,” kata dia.

Alhamdulillah, lanjut dia, kegiatan renovasi berjalan lancar. Pada kegiatan renovasi, pelaksana mengganti bagian-bagian bangunan yang telah rusak.

“Kami harapkan  dengan perbaikan kantor desa, perangkat desa merasa lebih nyaman ketika menjalankan tugas serta dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat Desa Kompa maupun luar desa,” tuturnya.

Yulianti juga mengajak seluruh perangkat desa dan masyarakat untuk menjaga dan merawat berbagai sarana prasarana yang telah dibangun termasuk kantor desa. Maksudnya agar fasilitas dan infrastruktur yang ada dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama. (*)

Print Friendly, PDF & Email