Dinkes Hadapi Corona dengan Program Gertac 19

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (tengah) didampingi Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi H. Harun Alrasyid (kanan) pada pembukaan rapat dinas bidang kesehatan.

Wartawan M. Ridwan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi siap melawan dan menalukkan Covid-19 dengan program khusus Gertac 19 atau Gerakan Tangkal Covid-19. Dalam implementasinya program ini akan diintegrasikan ke dalam program percepatan penanggulangan dan pencegahan pandemi Virus Corona. 

banner 970x90

Perihal program Gertac 19 ini dibahas dalam rapat dinas bidang kesehatan yang digelar Dinkes Kabupaten Sukabumi di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Jumat (11/9/2020). Pada rapat itu, program Gertac 19 dimantapkan rencana aksinya bersama unsur terkait dan melibatkan berbagai kalangan dari semua tingkatan.

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat membuka rapat bidang kesehatan tersebut mengatakan, hendaknya Dinkes memanfaatkan jaringan instansi dan kelompok masyarakat untuk mensosialisasikan Gertac 19 kepada masyarakat luas.

“Manfaatkan saja jaringan seperti Puskesmas hingga Posyandu dalam sosialisasi Gertac 19. Selain itu program ini harus terus dibahas di dalam berbagai forum rapat bersama,” ujar bupati.

Harapan Marwan, masyarakat dan jajaran pemerintah dapat menjadikan wabah Covid-19 sebagai guru terbaik dalam menjaga kesehatan. Dari wabah ini, aparat Dinkes dapat mencari dan mengembangkan gagasan untuk meningkatkan pelayan di bidang kesehatan agar kualitasnya menjadi lebih baik.  

Karena itu program peningkatan kualitas  layanan di bidang kesehatan harus dijadikan agenda ke depan. Berkaca dari covid 19, kata bupati, pemda yang dalam hal ini Dinkes harus memberikan perhatian khusus pada pengembangan rumah sakit khususnya yang terkait dengan peralatan, ruangan, hingga SDM. 

“Puskesmas harus benar-benar menjadi pusat layanan kesehatan di setiap wilayah. Puskesmas harus disiapkan menjadi mandiri sehingga layanan prima pemerintah kepada masyarakat bisa terwujud,” ujar bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi H. Harun Alrasyid mengatakan, Gertac 19 merupakan inovasi yang akan dijalankan untuk percepatan penanganan dan penanggulan Covid-19 dari hulu hingga hilir.

“Program ini dijalankan oleh jajaran Dinkes hingga Puskesmas. Gertac 19 akan dilaksanakan segera. Nanti yang menjalankan semua unsur terkait, mulai puskesmas, desa, kelurahan, dan posyandu,” jelas Harun.

Untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19, Harun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama dengan jajaran pemerintah, baik Dinkes maupun Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (*)

Suasana pembukaan rapat dinas bidang kesehatan yang digelar Dinkes Kabupaten Sukabumi.

Print Friendly, PDF & Email