Bupati: Kinerja Program Prioritas Telah Mencapai 92 Persen

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat menyampaikan pidato yang berisi laporan kemajuan pembangunan yang telah dicapai pemda dan masyarakat Kabupaten Sukabumi pada rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Memasuki Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi, masyarakat dan pemda setempat telah mewujudkan berbagai capaian kinerja dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Capaian kinerja program prioritas oleh Pemkab Sukabumi telah mencapai 92 persen.

banner 970x90

Salah satu pencapaian yang telah direalisasikan Pemkab Sukabumi adalah membangun rumah tidak layak huni sebanyak 22.804 unit dan jalan kabupaten dalam kondisi mantap di atas 80 persen.

Laporan pencapaian kinerja itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika menyampaikan pidato pada rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi di ruang rapat DPRD Kabupaten Sukabumi, Jajaway Palabuhanratu, Kamis (10/9/2020).

“Beberapa indikator menunjukkan pencapaian yang melampaui target di dalam RPJMD tahun 2016-2021,” ujar bupati. 

Marwan juga menyampaikan, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) yang digunakan untuk mengukur kemajuan ekonomi terus naik dari tahun ke tahun. Pada 2019, LPE di Kabupaten Sukabumi mencapai 5,73 persen.

“Capaian ini merupakan keberhasilan kita semua. Kita telah bekerja keras dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” terang Marwan.

Sejalan dengan itu, tahun lalu Indek Pembangunan Manusia (IPM) telah mencapai 66,87. Pencapaian ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,82 poin dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Begitu juga angka kemiskinan trennya menurun, pada tahun 2019 sudah mencapai 6,22 persen. Angka ini lebih rendah dari angka kemisikinan Provinsi Jabar dan nasional. Sementara tingkat pengangguran terbuka  pada 2019 menunjukkan tren yang cukup baik yaitu berada di angka 7,99 persen,” paparnya.

Pada rapat paripurna itu, semua peserta rapat dan tamu undangan mengenakan pakaian adat untuk melestarikan budaya Sunda. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara. Pada pembukaan rapat disampaikan narasi sejarah singkat Kabupaten Sukabumi.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengapresiasi capaian Pemda Kabupaten Sukabumi selama ini. Dirinya berharap kepada jajaran Pemkab Sukabumi bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang telah dicapai. 

Di akhir rapat, Bupati dan Ketua DPRD bersama-sama memotong tumpeng sebagai simbol peringatan Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email