Bupati: Hari Jadi ke-150 Momentum untuk Koreksi dan Evaluasi Diri

oleh -
Bupati Sukabumi menyerahkan penghargaan kepada pelaku pembangunan yang berprestasi pada upacara peringatan Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan peringatan Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi harus dijadikan momentum untuk melakukan koreksi dan evaluasi diri. Hal ini penting sebagai pemacu semangat dalam rangka berbenah dan melakukan  percepatan serta penguatan tekad guna mencapai hasil yang lebih baik.

banner 970x90

Pernyataan itu disampaikan ketika bupati menyampaikan amanat selaku pembina upacara pada Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi di halaman Setda, Palabuhanratu, Kamis (10/9/2020).

Selain mengajak untuk koreksi dan evaluasi diri, Marwan juga mengetuk nurani masyarakat agar mensyukuri nikmat kesehatan dan pembangunan yang dapat dinikmati bersama.

Bupati mengatakan, perayaan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akibat adanya wabah Covid 19, upacara tidak bisa dihadiri banyak orang karena sebagian mengikutinya secara virtual.

“Berkat kerja keras  semua kalangan, Kabupaten Sukabumi telah menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Dalam kurun waktu 2016-2020, Kabupaten Sukabumi telah meraih 161 penghargaan tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” ujar bupati.

“Berbagai keberhasilan yang telah kita capai harus dipertahankan dan ditingkatkan. Sementara capaian yang belum memuaskan harus dipacu agar mencapai hasil yang lebih baik,” tambahnya.

Alhamdulillah, lanjut dia, sebagai indikator parameter keberhasilan pembangunan di daerah, IPM Kabupaten Sukabumi berada pada angka 66,87. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,82 dari tahun yang lalu. 

Selain itu, diraihnya opini wajar tanpa pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut dari BPK patut dibanggakan karena menunjukkan keseriusan Pemkab Sukabumi dalam mengelola anggaran yang berprinsip pada transparansi publik.

“Pencapaian yang baik itu harus terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” pintanya.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi  berdekatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada 9 September lalu. Karena itu bupati mengajak masyarakat untuk meningkatkan kebugaran di tengah pandemi Covid-19. 

“Dengan berolahraga rutin setiap hari, kita bisa meningkatkan imunitas tubuh,” tuturnya.

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono (paling kiri) pada upacara Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi.

Menurutnya, tantangan ke depan akan terus menghadang. Namun dirinya berpesan agar masyarakat selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk menghadapinya.

“Dengan kekompakan dan kebersamaan, insya Allah kebaikan untuk membangun Sukabumi bisa kita lanjutkan bersama,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan penghargaan kepada paratur pemerintah dan pelaku pembangunan yang berprestasi. Para penerima penghargaan antara lain camat, lurah/kepala desa lunas PBB, perusahaan terbaik, perusahaan peternakan unggas yang berkontribusi dalam penanggulangan pandemi Covid-19, dan pemenang sayembara desain logo Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi. 

Penghargaan juga diberikan kepada Jabar Bergerak yang menggerakkan potensi sosial untuk kesejahteraan masyarakat serta kepada Forum ZIS sebagai penggerak ekonomi umat.

Upacara peringatan Hari Jadi ke-150 Kabupaten Sukabumi  dipimpin oleh Camat Cicantayan, Sendi Apriadi dan diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten  dan Kota Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email